Selamat malam semuanya.. GremoryBlog Hadir kembali nii,, setelah hampir tahun "MANGKIR" dari dunia blogger yang sudah saya tekuni 3 tahun terakhir ini. Haha.. Lama bener ya.. Ya gimana lagi bro, Admin ada urusan dalam "Copyright" nama blog.. Lah?? Gimana coba?? Masa nama Blog Gremory ane di katain niru blog sebelah ("sekarang blognya udah kena Cyduk Google :D Mamposs.. :v ") .. Ah udah ah back to topik.. Pembahasan.

Sesuai judul artikel hari ini CARA MENGHEMAT DAYA ANDROID ,ok mungkin terlalu puitis judulnya wwkkwk yo wis.. OTW baca aja ya gan... Semoga membantu agan² semua.. Dengan bahasa yang mudah di pahami dan tentu gaya bahasa khas Admin Gremory yang tamvan mempesona ini hehe...

Ok sobat, perlu diketahui semua smartphone dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Tapi sayang banget buat Smartphone jaman lampau (sfx: bilang jadul aja susah bener gan..) yang notabenya memiliki DAYA yang kecil bahkan kadang kebanyakan Smartphone sekarang speak dewa tapi daya low. Jadi sering banget nge-charge Smartphone kamu, BTW Jika terlalu sering charge hp, daya tahan baterai kamu lama-lama akan berkurang kemudian rusak itulah penyebab drop-nya Baterai Smartphone agan..

Nah.. Maka dari itu Admin akan membahasnya ,pasti kalian kesalkan tiba² Daya semartphone agan yang tadinya 100% tiba² berkurang seperempatnya padahal standby mode. (NT: Yang saya ketahui pada saat hanya standby mode setiap 4½ jam hanya berkurang 1% saja), ok ini dia Tips menghematnya...

1. Kecilkan Brightness/Kecerahan
Kita sudah tau bahwa layar smartphone kamulah yang paling banyak mengonsumsi daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, kamu bisa
setting cahaya di layar kamu agar tidak terlalu terang tapi cukup nyaman dilihat mata.

2. Matikan mode getar/hidupkan mode sunyi
Meskipun tanda getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode umum (jadi aturlah mode umum dan matikan getarnya).

3. Atur screen timeout lebih singkat
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur screen timeout (batas waktu aktif layar) menjadi lebih singkat.

4. Aktifkan Airplane mode
Gunakanlah mode Airplane saat smartphone anda tidak digunakan.

5. Tutup semua aplikasi
Maksudnya tutup semua aplikasi saat tidak digunakan, kamu hanya harus tap tombol
multitasking dan kamu bisa swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk menutupnya.

6. Charge Smartphone secara efisien
Perlu diketahui ada 2 jenis baterai. Yaitu baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai nickel, ponsel kamu harus dicharge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai kamu tinggal sedikit. Namun jika ponsel kamu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

7. Gunakan Wallpaper berwarna gelap/hitam putih
Jika smartphone Anda memiliki layar AMOLED seperti pada perangkat Samsung, coba gunakan wallpaper yang berwarna gelap/hitam putih. Alasannya, layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Warna hitam diketahui memiliki piksel gelap sehingga dibutuhkan lebih sedikit daya untuk menerangi warna hitam.

Oke mungkin hanya segitu ulasan dari saya tentang CARA MENGHEMAT DAYA SMARTPHONE, semoga bermanfaat dan berfaedah ya sob.. Oke silakan kalian komentar apa aja tentang postingan ini.. Jangan spam dengan kata² bermakna KUNBAL ya gan... Karna dapat merusak citra blog anda dan tidak mengurangi dampak SEO. :D see you again...