Cara Membuat Lampu Hazard/Riting (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor
hazard+pada+motor.jpg

Selamat Malam Sobat GremoryBlog? Kali ini admin mau membahas seputar Otomotif lagi.. Yap.. Admin mau membagikan Trik Lama yaitu Cara Membuat Lampu Hazard/Riting (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor ,Mungkin Sudah banyak yang tau Cara ini.. Lalu bagaimana Dengan Newbie Otomotif?? Hehe oke langsung aja kita bahas terlebih dahulu.

Siapa yang belum kenal dengan lampu hazard? Itu lho lampu sein yang menyala bersamaan di mobil. Untuk menghidupkan lampu hazard tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Fungsi dari lampu hazard tidak lain adalah untuk memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaaan darurat seperti mogok, sedang mengganti ban, kecelakaan dll. Pada sepeda motor memang tidak disediakan penggunaan lampu hazard. Meski demikian acap kali para rider memodifikasi motornya agar lampu seinya bisa menyala layaknya lampu hazard di mobil.

Oh ya komponen Utama Dalam Tips ini adalah "Flasher" , apa itu Flasher? Flasher merupakan komponen pada rangkaian lampu sein yang berfungsi untuk mengedipkan lampu., apakah di Motor kita ada Flasher? Tentu Saja ada! Jika tidak ada Bagaimana kita Mau Sein kanan Sein Kiri ,hehe.. ,Hanya saja "Flasher Original" pada sepeda motor tidak kuat untuk mengedipkan keempat lampu sein. Kita harus beli dulu Flasher di Toko Aksesoris Motor terdekat. Oh ya Flasher yang di Jual di Toko Aksesoris Motor ada 2 , yaitu Flasher Touring sama Flasher Biasa. Buat kalian yang mau Mengedipkan Riting/Hazard/Sein bersamaan ,cukup beli Flasher biasa yang teganganya 12Volt. Karna cukup irit di Aki di Bandingkan Flasher Touring. Kalo Admin si Pakai Flasher biasa aja,. Yang 12Volt.

Beriku Gambar Flasher-Nya (12Volt) :

th_e-flasher_motor.jpg

Beriku Gambar Flasher-Nya (Touring) :

46160117_3_644x461_flasher-sen-touring-a

Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara membuat lampu hazard di motor.

BAHAN DAN ALAT

-Flasher.

-Saklar Mini (ON-OFF).

-Kabel 2 Warna (Hitam Merah) , kalau mau lebih simple pake Kabel Cas HP aja yang sudah gak kepake. Kan Cas HP udah ada 2 Warna Hitam Merah.

-Solasi Hitam dan Obeng.

Cara-Nya :

- Bongkar body samping dan cari letak flasher (jika mau mencari Flashernya cukup Nyalakan Motor dan Pencet ritingnya ke Kanan ,Cari Suara yang berbunyi "Tik Tok Tik Tok" -Ingat Nyalakan Motor Bukan Hidupkan Motor-). Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan flasher yang anda beli tadi. Sebelum di Ganti Matikan dulu Motor.

- Apabila pemasangan sudah benar, silakan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat.

- Nah untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu Hazard Depan. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri). Yang Di gunakan adalah Kabel Warna Hijau dan Coklat pada Sein/Hazard/Riting.

- Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya dengan Kabel 2 Warna yang sudah di siapkan tadi (Merah Hitam) ,sebelumnya kelupas dulu kabel Hijau dan Coklat pada riting, "Pemasanganya : Sambungkan Kabel Merah Ke Kabel Warna Hijau. Dan Kabel Hitam ke Warna Coklat". ,Setelah itu Tutup dengan Solasi Hitam. . , ,Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar mini ON-OFF yang kita beli tadi untuk menyambungnya. Setelah tadi Kabel Ujung pertama tadi telah di sambungkan , Pasang ujung kabel lainya Ke Saklar ON-OFF tadi. Biasanya Saklar ON-OFF ada 3 kaki , pakai kaki no. 1 dan 2 saja, karna kaki no.3 tidak akan terpakai. Pemasangan kabel lihat gambar di bawah.

hazard.jpg

Sekarang lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi "ON" dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi “OFF” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.

Demikianlah cara membuat lampu hazard di motor. Cukup mudah bukan? Jika anda ingin mengaplikasikanya pada sepeda motor anda, maka gunakanlah dengan bijak agar tidak membingungkan pengendara lain. oke para Rider?

#Salam_VegaZR_ #PLAT_R

my-vega-zr.jpg

Gimana Motor Admin Tamvan kan , wkwkwkwk.. Jika masih bingung Komentar saja di bawah, atau inbox Admin Di Facebook > Cari aja nama Afif Didik Hanif.