Indonesia adalah negeri yang indah. Tanahnya yang subur ditumbuhi oleh berbagai pepohonan hijau. Kontur daerah yang berbukit-bukit dan unik pun menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus membuat penasaran. Rupanya, hal ini menjadi daya tarik bagi para produser film luar negeri. Mereka memperhitungkan Indonesia sebagai salah satu setting dalam sepuluh film di bawah ini. Budaya Indonesia yang unik pun menjadi salah satu alasan mengapa film-film berikut syuting di Indonesia.
  1. Anaconda: The Hunt of Blood Orchid (2004) Ternyata, salah satu setting film Anaconda adalah di Kalimantan, Indonesia. Wow! , Anaconda adalah film yang bisa dibilang populer pada 2004 lalu. Film tentang ular besar yang dikenal sebagai Anaconda ini digarap oleh Dwight H. Little. Ceritanya, sekelompok ilmuwan sedang mencari sebuah bunga yang dipercaya sangat berharga, yaitu blood orchid.
  2. The Fall (2006) Film selanjutnya yang syuting di Indonesia adalah The Fall. Film yang rilis pada 2006 lalu ini menggunakan Ubud, Bali sebagai salah satu lokasi syuting. Film ini disutradarai oleh Tarsem Singh dan bercerita tentang cinta dan balas dendam.
  3. Eat, Pray, Love (2010) Dunia internasional semakin mengenal Indonesia dengan kehadiran film Eat, Pray, Love yang di bintangi Julia Roberts pada 2010 lalu. Meskipun banyak orang luar negeri yang ternyata lebih mengenal Bali dari pada Indonesia itu sendiri. Bentangan sawah yang menghijau serta budaya yang kental di Bali sangat mewarnai film tentang refleksi diri ini.
  4. Amphibious (2010) Rilis pada 2010 lalu, Amphibious memang tidak terlalu terdengar gaungnya. Film yang bercerita tentang sebuah penelitian biologi ini mengambil setting di Sumatra. Film Amphibious adalah Kerja Sama Brian Yuzna, seorang sutradara kawakan dengan beberapa insan Per-filman di Indonesia.
  5. The Philosophers (2012) Ternyata, ada artis Indonesia yang ikut syuting dalam film garapan John Huddles ini. Ia adalah Cinta Laura. Dalam The Philosophers, 20 pelajar dari seluruh dunia diajak untuk melihat keadaan dunia setelah dijatuhi oleh bom nuklir. Film ini syuting di Jakarta, Candi Prambanan, Bromo, dan Belitung.
  6. Savage (2012) Film Savage yang digarap oleh Oliver Stone ini mengambil setting di Pulau Moyo. Ini adalah sebuah pulau di utara Sumbawa Besar. Dalam film ini, banyak aktor dan aktris Hollywood yang ikut terlibat, antara lain John Travolta, Salma Hayek, dan Blake Lively. Film ini di Rilis pada 2012 lalu
  7. Alex Cross (2012) Satu lagi film yang syuting di Indonesia, khususnya Bali adalah Alex Cross. Dalam film yang digarap oleh Rob Cohen ini, beberapa aktor terkenal ikut berperan, antara lain Tyler Perry, Matthew Fox, dan Jean Reno. Sutradara yang terkenal dengan film-film action seperti The Mummy dan XXX, memilih Karang Asem dan Nusa Lembongan sebagai lokasi syuting.
  8. Java Heat (2013) Conor Allyn memutuskan untuk syuting di Indonesia, khususnya Magelang dan Yogyakarta untuk film-nya yang berjudul Java Heat. Aktor internasional yang ikut syuting di Indonesia untuk film ini adalah Kellan Lutz dan Mickey Rourke. Film yang bertema terorisme ini mengambil Candi Borobudur sebagai salah satu settingnya. Khusus Yang INI GAK NONTON NYESEL..!!
  9. Dead Mine (2013) Film luar lainnya yang syuting di Indonesia adalah Dead Mine. Bukan hanya syutingnya saja yang di Indonesia, Joe Taslim, Ario Bayu, dan Mario Lewis pun ikut berperan dalam film petualangan ini. Dalam film ini, kita akan melihat Batam sebagai tempat yang menegangkan dan membangkitkan adrenalin. Hak tayang film yang disutradarai oleh Stephen Sheil Laris dibeli oleh berbagai negara. Mantap!
  10. Blackhat (2015) Blackhat adalah film tentang dunia Hacking. Adalah Nicholas Hath away yang diperankan oleh Chris Hems worth seorang peretas jenius yang harus menyelesaikan kasus yang sangat rumit. Salah satu setting dalam film Blackhat adalah di Jakarta, Indonesia. Di sinilah Nicholas berhadapan langsung dengan musuhnya. Tempat-tempat yang digunakan oleh Michael Mann sebagai sutradara adalah Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanah Abang, Apotek Melawai, dan Lapangan Banteng.
Wah Kita Patut Berbangga Nic.. :) haha,, :D Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.